Biro Manajemen Gedung & Sarana
Universitas Dian Nusantara / Kantor Layanan / Biro Manajemen Gedung & Sarana

Deskripsi Biro Sarana dan Prasarana.

Biro Sarana dan Prasarana merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di universitas. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal.

Manajemen sarana dan prasarana yang baik diharapkan dapat menciptakan universitas yang bersih, rapi, dan indah sehingga menciptakan kondisi yang menyenangkan baik bagi dosen maupun mahasiswa/i untuk berada di kampus. Di samping itu juga tersedianya alat atau fasilitas belajar yang memadai secara kuantitatif, kualitatif, dan relevan dengan kebutuhan serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan pengajaran, baik oleh dosen sebagai pengajar maupun mahasiswa sebagai pelajar. Tujuan dari pengelolaan sarana dan prasarana kampus adalah untuk memberikan layanan secara profesional agar proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien

Di Universitas Dian Nusantara unit yang menangani bagian sarana dan prasarana adalah BSP (Biro Sarana dan Prasarana). Unit yang berada dibawah Direktorat Sumber Daya ini bersinergi bersama seluruh unit yang lain demi terciptanya sarana dan prasarana yang dapat digunakan dengan baik oleh seluruh civitas kampus. Biro Sarana dan Prasarana merupakan unit pelaksana layanan dan administrasi yang berkaitan dengan sarana, prasarana, dan logistik. Biro Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan perencanaan sistem pengembangan dan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana serta logistik di Universitas dengan pembinaan Direktur Sumber Daya mencakup :
    • Perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan sumber daya serta aset di lingkungan Universitas
    • Perencanaan pemeliharaan, menjaga ketertiban keamanan, keselamatan kerja dan menjaga kebersihan dan keindahan kampus.
    • Penyusunan sistem, mekanisme dan SOP bidang pengelolaan infrastruktur, pengadaan serta pemeliharaan sarana, prasarana dan logistik.
  2. Melaksanakan kegiatan program.
    • Pendistribusian sumber-sumber daya pendukung pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana dan logistik untuk kebutuhan unit kerja dilingkungan universitas
    • Pemeliharaan, perbaikan, perawatan, renovasi gedung dan ruangan serta taman.
    • Pemeliharaan dan perawatan penerangan dan akustik ruangan
    • Pemeliharaan dan perawatan jaringan listrik, telepon, air dan TIK
    • Melaksanakan pemeliharaan, keselamatan kerja, dan menjaga kebersihan serta keindahan kampus.
  3. Melaksanakan pelaporan dan tindak lanjut
    • Menyusun laporan program kerja Biro Sarana dan Prasarana, setiap tahun sebagai wujud akuntabilitas kepada Direktur Sumber Daya sesuai dengan standar yang berlaku
    • Melaksanakan perbaikan internal di bidang pengelolaan infrastruktur setelah memperoleh arahan Kepala Direktur Sumber Daya.
    • Merekomendasikan hal-hal administrasi yang diminta oleh pihak LLDIKTI wilasyah III.

Beberapa fungsi di atas merupakan tugas utama Biro Sarana dan Prasarana, target yang sudah ditetapkan Universitas dapat terwujud dengan kerja keras serta kerja sama dan tanggung jawab semua civitas kampus. Maka dari itu perlu dukungan mulai dari pimpinan, dosen, staf tendik serta mahasiswa.

Di sisi lain Unit Biro Sarana dan Prasarana juga dapat memberikan fasilitas kepada seluruh civitas. Mulai dari peminjaman ruangan kelas, aula serta beberapa area yang dapat digunakan aktivitas yang berhubungan dengan civitas akademika. Prosedur peminjaman fasilitas bisa langsung melakukan konfirmasi ke Unit Biro Sarana dan Prasarana. Agar lebih memudahkan proses peminjaman seluruh fasilitas bisa menghubungi Pusat Informasi Universitas melalui telepon atau email ke mgs@undira.ac.id.


Contact Person : mgs@undira.ac.id

Universitas Dian Nusantara
Kampus Tanjung Duren
JI Tanjung Duren Barat II No 1 Grogol Jakarta Barat.
No.Telp: 021-21194454
Kampus Green Ville
JI. Mangga 14, No 3 Kec Kebon Jeruk Jakarta Barat, 11510
Kampus Cibubur
Jl. Rawa Dolar 65 Jatiranggon, Kec Jatisampurna, Bekasi
No.Telp: 021-22176334