Ilmu Komunikasi

Deskripsi Program Studi
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara sebagai lembaga pendidikan tinggi yang lulusannya akan terjun ke masyarakat, maka kurikulumnya dikemas sedemikian rupa agar mampu membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat maupun di dunia kerja atau industri. Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara adalah lulusan yang akan bekerja pada dunia kerja, dunia industri, atau wirausaha, sehingga tidak terlepas dari sistem sosial, sistem perekonomian dan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dalam penyusunan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, selain muatan hard skills juga memasukan muatan soft skills sebagai suatu amanah yang harus terkandung pada kurikulum.
Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan bagian dari Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial yang berdiri sesuai dengan ijin operasional seperti disebutkan di atas, sedangkan efektif mulai beroperasi di Jakarta yaitu pada tahun akademik 2019/2020 dengan proses pembelajarannya menggunakan kurikulum tahun 2019 yang kemudian dilakukan penyempurnaan pada tahun 2020. Penyempurnaan ini dilakukan berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 yang terus digemakan di mana penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu yang perlu diperhatikan di samping pencapaian dari visi, misi, dan sasaran program studi ilmu komunikasi.
Penyempurnaan kurikulum yang dilakukan selain pencapaian di atas, maka seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.
Program Studi Ilmu Komunikasi perlu menyesuaikan terhadap kebijakan tersebut melalui pengembangan kurikulum yakni kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi melaksanakan 2 (dua) kurikulum, yaitu kurikulum secara regular dan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan menuju pada transformasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendikbud nomor 3 tahun 2020, maka pada tahun 2021 telah dilakukan penyesuaian dengan mempertimbangkan karakteristik keilmuan di bidang ilmu komunikasi.

Visi dan Misi

Visi 
"Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030"

Misi
  1. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication) yang bermutu, terpercaya dan profesional.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan secara berkesinambungan dalam bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication).
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran berbasis teknologi terkini yang tepat guna melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien melalui lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
  5. Membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang komunikasi.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi bidang komunikasi, baik di tingkat nasional maupun global;
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang komunikasi dalam skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang komunikasi dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri, dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance
Sasaran Program Studi
  1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif didukung oleh seluruh civitas akademika.
  2. Dihasilkannya lulusan pada program studi yang mampu bekerja secara profesional dan mandiri.
  3. Tersedianya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
  4. Terwujudnya sistem tata kelola yang terpercaya sesuai standar universitas yang berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Nasional Perguruan tinggi.
  5. Terwujudnya kerjasama yang sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
Konsentrasi Prodi Ilmu Komunikasi
  • Public Relation (Humas) merupakan profesi yang berkaitan erat dengan keterampilan komunikasi, strategis dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi suatu kegiatan komunikasi baik itu pemerintahan, perusahaan, atau badan usaha yang berhubungan dengan kehumasan.
  • Broadcasting (Penyiaran) merupakan pilihan konsentrasi dari Prodi Ilmu Komunikasi. Broadcasting mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disebarkan melalui media seperti televisi, radio, (mainstream media) dan new media.
  • Marketing communication (Marketing Komunikasi) adalah konsentrasi dari prodi Ilmu Komunikasi, yang lulusanya memiliki kemampuan dalam melakukan analisis konsumen dan riset pasar iklan serta bagaimana cara melakukan perencanaan media digital yang baik dan strategi kreatif iklan.
Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi 
(Terlampir)

Masa Studi Prodi Ilmu Komunikasi
Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
Beban Studi (jumlah SKS yang harus ditempuh): 144 SKS

Syarat Masuk Prodi Ilmu Komunikasi
Lulus SMA IPA & IPS/SMK Administrasi dan Umum

Prospek Kerja Prodi Ilmu Komunikasi
  • Akademisi
    Lulusan Ilmu Komunikasi dapat menjadi sebagai seorang pendidik yang akan berkiprah dalam penelitian bidang komunikasi, mampu melakukan riset pasar dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  • Tenaga Ahli Bidang Konsultan
    Mampu melakukan kegiatan secara tim maupun individu guna menyelesaikan permasalahan terkait ilmu Komunikasi. Mampu merancang berbagai bentuk konsep isi dan produk media kreatif dalam bidang public relations, broadcasting dan marketing communication.
  • BUMN
    Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara sebagai strategic planner untuk membangun citra positif lembaga atau perusahaan.
  • Tenaga Ahli Pelaksana (Supervisor)
    Mampu melakukan analisa, membuat desain, konsep dan produk media kreatif dalam bidang public relations, broadcasting dan marketing communication. Mampu memvisualisasikan hasil rancangan sesuai dengan kaidah ilmu komunikasi. Mampu mengendalikan sistem komunikasi dan proses pengerjaannya dalam bidang komunikasi.
  • Wirausaha (Technopreuneur)
    Memiliki kemampuan beradaptasi, bekerja sama, membangun dan mengembangkan jejaring, berpikir kreatif, berkreasi, berkontribusi, berinovasi dan berjiwa technopreneur dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global dan menciptakan lapangan kerja baru secara mandiri.
  • Sektor Swasta
    Peluang kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi pada sektor swasta sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan sertifikasi profesi antara lain:
    • Keprofesian, Certified Public Relations Practitioner (CPR) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI), pada level strategis mencakup kemampuan dan kualifikasi keahlian dan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan strategis dalam praktek kehumasan atau public relations.
    • Keprofesian Certified Event Marketing Communication sertifikat ini diberikan untuk profesi yang bekerja di bidang event organizer atau public relations
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara memiliki dosen yang berpengalaman sesuai bidang keilmuan yang memiliki sertifikasi dan memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dengan kualifikasi Magister (S2) dan Doktoral (S3) baik lulusan dalam negeri maupun lulusan Luar negeri yang telah memiliki Jabatan Fungsional Akademik.
 
Kontak Person :
  • Ketua Program S1 Studi Ilmu Komunikasi : Sri Hesti, S.IKom., M.IKom.
  • E-mail: sri.hesti@undira.ac.id
  • Sekretaris Program S1 Studi Ilmu Komunikasi : Anna Nurjanah, S.IKom., M.A.
  • E-mail : anna.nurjanah@dosen.undira.ac.id 
  • E-mail prodi : akuntansi@undira.ac.id

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432