Menjelajahi Dunia melalui Keterampilan Berbahasa

rapat-koordinasi-kehumasan-di-lingkungan
02-Mei-2024, 16:20
Oleh : Jona

Bahasa berfungsi sebagai alat fundamental untuk komunikasi antar individu. Bahasa juga berfungsi sebagai ciri khas suatu wilayah atau negara. Salah satu aspek bahasa yang menarik adalah bilingualisme, kemampuan untuk berbicara dalam dua bahasa dengan lancar. Bilingualisme lebih dari sekadar kemahiran dalam tata bahasa, kosakata, dan pengucapan. Ini mencakup kemampuan untuk mengekspresikan diri secara efektif dan memahami konteks budaya yang beragam.

Dalam lingkungan global saat ini, semakin penting untuk memiliki keterampilan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa ibu dan bahasa internasional lainnya seperti bahasa Inggris. Bahasa Inggris tidak hanya menjadi bahasa internasional, tetapi juga memainkan peran penting dalam komunikasi global dalam bidang teknologi digital, seperti pengembangan perangkat lunak di jaringan internasional. Di era digital ini, kemahiran berbahasa Inggris menjadi semakin penting karena penggunaannya yang luas di internet untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan, tujuan pendidikan, dan interaksi sosial.

Menguasai Bahasa Inggris tidak lagi hanya bersifat praktis tetapi juga strategis. Kemahiran berbahasa Inggris dapat membuka pintu ke peluang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri dan memperluas prospek karir dengan memungkinkan partisipasi dalam diskusi dan perusahaan global. 

Program Sastra Inggris UNDIRA menyadari pentingnya bidang ini dan berdedikasi untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi melalui proses belajar mengajar yang efektif. Fasilitas kami dilengkapi untuk mendukung kegiatan ini, dan kami bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa melalui berbagai inisiatif yang memenuhi kebutuhan industri dan kewirausahaan di bidang linguistik, penerjemahan, dan pengajaran bahasa Inggris, serta Sastra Terapan.

Tujuan kami adalah menghasilkan lulusan yang cerdas, beretika, kompeten, berdaya saing tinggi, dan mampu memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang linguistik, penerjemahan, dan pengajaran bahasa Inggris di tingkat nasional dan internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Sastra Inggris menawarkan beberapa konsentrasi yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa secara memadai agar dapat unggul secara global, diantaranya:

  1. Penerjemahan 

Kemahiran penerjemahan adalah keterampilan yang berharga yang membutuhkan penguasaan dalam dua bahasa, seperti bahasa Inggris sebagai Bahasa Sumber (SL) dan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Target (TL). Ada tiga metode utama yang digunakan dalam penerjemahan: penerjemahan kata per kata, penerjemahan harfiah, dan penerjemahan bebas. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar siswa mampu menerjemahkan dengan baik dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara internasional di berbagai sektor, seperti bisnis dan pendidikan.

  1. Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam program studi Sastra Inggris, terdapat lima keterampilan utama yang menjadi fokus pengajaran: mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), menulis (writing), dan tata bahasa (grammar). Keterampilan-keterampilan ini adalah aspek fundamental untuk menguasai Bahasa Inggris. Mencapai penguasaan dalam semua area ini memerlukan dedikasi dan komitmen yang tinggi, karena prosesnya tidaklah mudah atau cepat.

Proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris di institusi kami tidak hanya mengedepankan teori, tapi juga praktik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa para mahasiswa dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar dalam situasi nyata.

  1. Sastra Terapan

Sastra Terapan mengacu pada penerapan praktis keterampilan dan pengetahuan sastra di luar ranah akademis. Mahasiswa akan terlibat dalam studi komprehensif yang mencakup teori sastra, analisis teks, kemahiran menulis, dan pemanfaatan pemahaman sastra di berbagai profesi dan industri. Prospek karir dalam Sastra Terapan sangat beragam dan terus berkembang seiring dengan permintaan pasar dan kemajuan teknologi, yang seringkali membutuhkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan tren industri dan perubahan teknologi.

Konsentrasi Sastra Terapan, Pengajaran Bahasa Inggris, dan Penerjemahan dalam program Sastra Inggris menawarkan keunggulan yang berbeda. Mahasiswa akan mengembangkan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang kuat melalui analisis teks, penulisan kreatif, dan pengajaran bahasa Inggris - aset yang sangat berharga di berbagai karir dan industri. Selain itu, mata kuliah teori sastra meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis dan menginterpretasikan teks dengan cermat dalam berbagai konteks profesional.

Berfokus pada pengajaran bahasa Inggris mempersiapkan individu untuk menjadi pendidik yang efektif dengan memperdalam pemahaman mereka tentang metode pengajaran yang beragam, teori pembelajaran, teknik evaluasi, dan keterampilan manajemen kelas.

Selain itu, studi dalam bidang sastra dan penerjemahan memberikan wawasan yang mendalam tentang budaya, sejarah, dan konteks sosial dari mana karya sastra berasal; hal ini penting untuk menghargai keragaman global. Studi penerjemahan juga memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan multibahasa. Dengan terlibat dalam bidang studi yang terfokus ini,

Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dan memposisikan diri mereka sebagai inovator dalam bidang karir yang berkembang pesat.

Program Studi Sastra Inggris di UNDIRA berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan bahasa Inggrissecaramendasar yang mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan tata bahasa. Keterampilan penting ini mendukung pembelajaran akademis dalam studi sastra dan budaya. Dalam domain ini, siswa terlibat dalam mengapresiasi karya sastra dan melakukan pemeriksaan kritis dan analitis melalui diskusi kelas dan penulisan makalah ilmiah. Untuk mempersiapkan diri lebih lanjut dalam penelitian dan penulisan ilmiah, para mahasiswa juga mempelajari disiplin ilmu filsafat dan logika. 

Maka dari itu, belajar bersama program studi Sastra Inggris di Universitas Dian Nusantara adalah pilihan yang tepat dengan fokus pada pemahaman terhadap penerjemahan, pembelajaran bahasa inggris, dan sastra terapan. Dapat menjadi sebuah wadah inspiratif bagi para mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menghargai kekayaan literatur, serta mendapatkan pemahaman mendalam tentang dunia yang melintasi batas-batas geografis dan sejarah.

(Sekar Ayu Putri / HUMAS UNDIRA)

Press Contact :

Biro Humas & Sekretariat Universitas Dian Nusantara

humas@undira.ac.id

Facebook : www.facebook.com/undiraofficial
Instagram : www.instagram.com/undiraofficial
Twitter : www.twitter.com/undiraofficial

www.undira.ac.id


Lainnya

Kampus Tanjung Duren

Jln. Tanjung Duren Barat II No. 1

Grogol, Jakarta Barat. 11470

Kampus Green Ville

JIn. Mangga XIV No. 3

Kampus Cibubur

Jln. Rawa Dolar 65

Jatiranggon Kec. Jatisampurna, Bekasi. 17432